Sejarah Dari Hari Cuci Tangan Sedunia

hari cuci tangan seduniaAdanya hari cuci tangan sedunia tentunya didasarkan pada sejarah, tidak akan secara serta merta ada dan tidak latar belakangnya. Hari kampanye ini yang dimulai dari tanggal 15 Oktober tepatnya pada tahun 2008 hari bersejarah yang sangat mendukung kesehatan dibentuk dan didirikan, yang bertempat di Stockholm. Berdirinya hari internasional ini di latar belakangi oleh adanya jumlah kematian anak balita yang disebabkan oleh diare sangat besar, yaitu mencapai 5000 anak setiap harinya dalam setiap negara. Hal ini mendorong para peneliti untuk menelusuri permasalahan yang menyebabkan diare yang mematikan. Sehingga dari hasil penelitian menyatakan bahwa adanya diare disebabkan karena kurangnya air bersih pada suatu negara tersebut.

Latar Belakang Dari Hari Cuci Tangan Sedunia

Kurangnya air bersih pada suatu daerah yang rentan terkena penyakit diare merupakan masalah yang serius, dengan kurangnya air bersih maka akan mengakibatkan penduduknya akan merasa sulit mendapatkan pola hidup yang sehat. Karena segala sesuatunya untuk dapat bersih dan sehat harus berasal dari air yang bersih. Dengan adanya air bersih akan sangat membantu seseorang untuk dapat membersihkan dirinya dari berbagai macam kotoran dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Oleh karena itulah diadakannya hari cuci tangan sedunia, untuk dapat menyadarkan masyarakat dunia akan pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun.

Di samping itu, kampanye tentang hari cuci tangan sedunia juga dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pembangunan fasilitas sanitasi di sekolah-sekolah. Menurut UNICEF kurangnya air bersih sangat berpengaruh terhadap penurunan tingkat kehadiran anak perempuan ke sekolah ketika masa pubernya, hal tersebut terjadi karena tidak terfasilitasinya sanitasi. Akses adanya air bersih ditengarai karena merupakan dasar yang sangat penting untuk kehidupan anak-anak di seluruh belahan dunia jika dilihat dari segi kesehatan, kelangsungan hidup, serta rasa penghargaan terhadap harga diri mereka. Adanya air yang baik dan bersih serta perilaku sanitasi yang baik di sekolah merupakan salah satu cara untuk dapat mencapai tujuan pembangunan milenium. Itulah berbagai latar belakang dan sejarah dari hari internasional.

Related posts: